Wasior (ANTARA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan DPC Partai Keadilan Sejahterah (PKS) Kabupaten Teluk Wondama, menyalurkan bantuan untuk para pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Soyar, Wasior, pertengahan bulan lalu.

Pengurus Baznas Kabupaten Teluk Wondama, Zafiludin yang juga mantan Ketua DPC PKS Teluk Wondama, ketika dikontak dari Manokwari, Rabu malam mengaku, pihaknya baru mendapatkan konfirmasi dari Baznas pusat yang mentransfer dana bantuan sebesar Rp50 juta.

“Sedangkan DPC PKS Teluk Wondama pekan lalu, sudah menyalurkan paket bantuan berupa beras 10 kg, minyak goring dua liter, gula pasir dan beberapa kebutuhan lainnya untuk meringankan beban para pedagang,”kata Zafiluddin.

Dia mengatakan, dana Rp50 juta dari Basnaz Pusat ditransfer pada Rabu petang (20/12), namun karena harus melalui kliring bank sehingga baru bisa dicairkan pada Kamis atau Jumat. Sedangkan paket bantun dari DPC PKS telah disalurkan pekan lalu, langsung kepada sekitar 60 pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Soyar.

Dana dari Baznas pusat, kata dia, akan dimanfaatkan setelah berembuk dengan para pedagang pasar, apakah untuk belanja bahan bangunan, atau dalam bentuk pangan. Besaran dana yang ditransfer tersebut, sesuai dengan permohonan yang disampaikan oleh pengurus Baznas Kabupaten Teluk Wondama.

Sebelumnya, aktivis PKS secara pribadi juga telah menyerahkan bantuan darurat  beberapa saat setelah kebakaran, yang kemudian diikuti oleh bantuan dari pemerintah Kabupaten Teluk Wondama.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, pada hari Sabtu tanggal 16 November lalu, sekitar pukul 05,30 WIT, terjadi kebakaran hebat di Pasar Soyar, yang menghanguskan bangunan pasar di bagian timur. Hampir 60 pedagang,, tidak bisa menyelamatkan barang-barang jualan, termasuk stok untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru.(***)

 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017