Manokwari (ANTARA)-Pulau Rumberpon di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, menawarkan sejumlah pilihan wisata yang dapat dinikmati para wisatawan.

"Pulau Rumberpon masuk dalam wilayah tiga pada program pengembangan pariwisata di Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Di situ banyak lokasi yang bisa dikunjungi," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih Ben G Saroy di Manokwari, Minggu.

Di sekitar Pulau Rumberpon, kata dia, terdapat pulau Nusrowi. Dilokasi ini pengunjung dapat menikmati wisata diving. Balai Besar Taman Nasional sengaja memilih lokasi tersebut sebagai daerah pengembangan diving resort.

"Diving, snorkling bisa dilakukan di situ. Terumbu karangnya sangat bagus, dari karang keras sampai yang soft semua ada disitu. Juga berbagai jenis ikan hias, kita bisa saksikan" kata dia.

Selanjutnya, ujar Saroy, di Selat Yembekiri yang tak jauh dari Pulau Rumberpon dikembangkan menjadi obyek wisata pemancingan. BBTNTC membina masyarakat setempat untuk terlibat langsung dalam pengembangan kawasan tersebut.

Menurutnya, sky air pun dapat dilakukan di selat tersebut. Kedalaman dan arus air cukup bersahabat bagi kegiatan ini.

Pihaknya pun sedang mendorong pengembangan usaha ekonomi kreatif di Kampung Kaprus Distrik Sough Wepu ini. Berbagai kerajinan tangan dari ukiran, anyaman dan beberapa kerajinan yang lain bisa dilakukan warga untuk menunjang pariwisata.

Di mengungkapkan, di sekitar Pulau Rumberpon dan Pulau Purup terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang memiliki kemiripan dengan Raja Ampat. Masing-masing pulau memiliki keunikan berbeda antara satu dengan yang lain.

"Setiap turis asing yang kita antar ke lokasi tersebut selalu mengatakan luar bisa. Segala apa yang mereka saksikan di situ tidak ada ditempat lain, terumbu karang yang beragam jenis dan warnanya," kata Ben.

Di Pulau Rumberpon sendiri pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan bakau dan pantai pasir putih sepanjang 6 kilo meter. Berbagai usaha kreatif sektor perikanan sedang di dorong di pulau ini.

Menurutnya, masih banyak obyek wisata yang bisa dinikmati di wilayah satu ini, dari budaya hingga potensi alam baik di darat maupun laut.

"Silahkan datang ke Wondama. Disini menawarkan sensasi yang tak kalah dengan Raja Ampat," pungkasnya.***

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017