Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kejuaraan selancar ombak (surfing) bertaraf internasional di kawasan Pantai Amban, Manokwari guna mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Barat Yakobus Basongan di Manokwari, Jumat, mengatakan kejuaraan selancar ombak internasional level QS 1.000 untuk ketiga kalinya itu akan digelar mulai 1 hingga 5 Desember 2024 yang akan diikuti peserta dari berbagai negara seperti Australia, Jepang, Malaysia, Korea dan lainnya. 

"Kegiatan ini juga menjadi wahana untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan di Manokwari seperti Pulau Mansinam maupun Kampung Kwau sebagai lokasi pengamatan burung pintar," kata Basongan.

Saat ini Dispar Papua Barat tengah membuat rencana paket wisata untuk mempromosikan destinasi wisata, sehingga para atlet surfing dapat menikmati berbagai keindahan alam di Manokwari.  

"Kita masih terus melakukan rapat persiapan. Peserta akan tiba di Manokwari pada 29 November. Di selah waktu kegiatan, peserta akan kita ajak ke beberapa destinasi wisata unggulan itu," jelas Basongan

Even tahunan surfing di Manokwari tidak terlepas dari lisensi lokasi dari Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) dan World Surf League (WSL) untuk Pantai Amban.

Pantai Amban Manokwari merupakan salah satu pantai di Indonesia Timur yang memiliki lisensi untuk penyelenggaraan even surfing level internasional.

"Kami memang mengurus lisensi itu dan didaftarkan di PSOI dan WSL semata-mata sebagai upaya promosi destinasi wisata. Even itu juga bisa dimanfaatkan pihak lain seperti KONI dari sisi pembinaan atlet," ujarnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024