Pasangan calon Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani (DoaMu) memulai kampanye perdana dengan menyapa masyarakat di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari, Selasa.

Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani merupakan paslon tunggal dengan nomor urut 1, yang akan melawan kotak kosong (nomor urut 2) pada Pilkada Serentak 2024.

Dominggus mengatakan pelaksanaan kampanye sesuai jadwal yang disusun tim koalisi 18 partai politik dimulai dari Pulau Mansinam, sebagai pulau sejarah peradaban orang asli Papua.

"Jadwal kampanye DoaMu dimulai dari tanggal 1 Oktober sampai tanggal 23 November 2024. Jadi, kami memulai kampanye dari pulau peradaban," kata Dominggus.

Ia meyakini bahwa dalam melanjutkan kepimpinan DoaMu periode kedua, maka motto 'membangun dengan hati dan mempersatukan dengan kasih' harus diawali dari Pulau Mansinam.

Pulau tersebut menjadi tempat pendaratan pertama misionaris berkebangsaan Jerman, yaitu Wilhelm Ottow dan Johann Gottlob Geissler untuk mewartakan Injil ke seluruh Tanah Papua.

"Pulau Mansinam adalah pulau yang diberkati Tuhan. Kami percaya jika memulai pekerjaan besar dari pulau ini, hasilnya juga baik," ucap Dominggus.

DoaMu, kata dia, mengusung konsep kampanye berdialog untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat akar rumput yang nantinya diakomodasi melalui program kerja selama 100 hari.

Rangkuman aspirasi selama masa kampanye akan diterjemahkan dalam visi misi program pembangunan lima tahun mendatang, sehingga masyarakat semakin sejahtera.

"Apabila masyarakat memberikan amanah kembali memimpin Papua Barat, kami bertekad menyelesaikan permasalahan sosial yang ada," ujarnya.

Dirinya mengimbau masyarakat tetap menjaga ketertiban dan keamanan pada masa kampanye, sebagai wujud warga negara yang baik dalam mendukung kelancaran Pilkada 2024.

"Mari wujudkan Papua Barat yang aman, damai, sejahtera, dan rumah bagi semua umat beragama," kata Dominggus.

Calon Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani mengajak masyarakat Pulau Mansinam menyalurkan hak pilih melalui tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November 2024.

Masyarakat diharapkan bisa memberikan amanah kepada DoaMu untuk kembali memimpin Papua Barat periode 2024-2029 dengan mencoblos surat suara nomor urut 1.

"Jangan lupa tanggal 27 November coblos nomor 1 yang ada foto saya dan Pak Dominggus, jangan coblos nomor urut 2 karena itu kotak kosong," ucap dia.

Setelah melakukan kampanye di Pulau Mansinam, paslon DoaMu bersama tim koalisi melanjutkan kampanye di daerah Arowi, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari.

Pelaksanaan kampanye DoaMU mendapat pengawasan ketat dari anggota Bawaslu Papua Barat guna mencegah potensi pelanggaran pemilu pada Pilkada 2024.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024