Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Hendrik Mambor menerbitkan peraturan bupati (Perbup) guna mendukung percepatan penerapan kurikulum merdeka belajar di daerah itu.

Perbup tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar merupakan wujud komitmen Pemkab Teluk Wondama dalam mendukung penerapan kurikulum yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim.

"Kebijakan itu perlu ditopang dengan regulasi. Dan adanya regulasi ini adalah komitmen kita untuk menyukseskan program Merdeka Belajar ini," kata Mambor di Wasior, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemkab Teluk Wondama akan terus berupaya agar semua satuan pendidikan di daerah itu bisa menerapkan kurikulum Merdeka Belajar.

Menurutnya, kurikulum Merdeka Belajar akan bisa memacu motivasi peserta didik untuk semakin maju tidak hanya dalam kemampuan akademis tetapi juga bisa membentuk karakter yang baik.

"Merdeka Belajar ini memacu anak-anak untuk lebih maju. Karena saya melihat anak-anak sekarang ini agak manja dibanding generasi yang terdahulu. Jadi saya berharap sekolah-sekolah di Teluk Wondama bisa menyesuaikan diri dengan Merdeka Belajar ini," ujarnya.

Langkah Bupati Teluk Wondama tersebut mendapat apresiasi dari Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Papua Barat.

Kasubbag Umum BPMP Papua Barat Yustus Awoiatauw menilai Pemkab Teluk Wondama memiliki komitmen dalam peningkatan kualitas pendidikan antara lain melalui penerapan kurikulum Merdeka Belajar sejak 2021.

Penertiban Peraturan Bupati (Perbup) tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar serta Surat Keputusan tentang Satuan Tugas Pencegahan Kekerasan pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Teluk Wondama merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut.

Kabupaten Teluk Wondama juga diketahui menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya yang menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 dari Kemendikbud Ristek.

Teluk Wondama mendapat penghargaan sebagai pemda inspiratif untuk kategori daerah tertinggal dengan kebijakan SDM transformatif.

"Saya yang mendampingi Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar itu pada 6 Juli lalu di Jakarta. Di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya hanya satu kabupaten yang terpilih yaitu Kabupaten Teluk Wondama," ujarnya.
 

Pewarta: Zack Tonu Balla

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024