Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie mengajak warga masyarakat setempat menjaga persatuan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung pada 27 November 2024.

Freddy Thie di Kaimana, Senin, mengatakan persatuan diantara semua komponen masyarakat Kaimana sangat penting agar bisa terhindar dari potensi perpecahan akibat perbedaan pilihan politik.

Warga diminta tidak terpecah belah karena munculnya berbagai berita bohong alias hoax yang bisa merugikan diri sendiri maupun merusak semangat persaudaraan yang telah terjalin baik selama ini.

"Sebagai kepala daerah, saya tidak henti-hentinya mengimbau kita semua, mari bersama-sama menjaga kesatuan dan persatuan di Kabupaten Kaimana. Jangan kita terpecah belah oleh karena cerita bohong atau hoax yang akan merugikan kita semua," imbaunya.

Freddy Thie menyebut Kaimana merupakan rumah bersama, sehingga tidak boleh membeda-bedakan suku, ras, agama dan golongan.

Ajang politik berupa pilkada, katanya, hanya terjadi dalam kurun waktu lima tahun sekali, namun pertemanan, persaudaraan dan kekeluargaan akan tetap abadi.

"Kaimana ini rumah besar kita semua, tidak boleh ada perbedaan baik suku, ras, agama dan golongan. Harus kita ingat bersama bahwa pertemanan, kekeluargaan itu berjalan abadi, sedangkan politik ini adalah ajang lima tahun sekali, sesudah itu kita semua orang Kaimana,” ujarnya.

Dia juga berpesan agar seluruh masyarakat Kaimana tetap menjunjung tinggi sikap toleransi antarumat beragama yang telah ditanamkan oleh para pendahulu, sehingga Kaimana bisa menjadi kota yang aman, tertib dan bermartabat. |

Sementara itu Kapolres Kaimana AKBP Gadug Kurniawan menyebut situasi kamtibmas di wilayah itu kini kondusif menjelang perhelatan Pilkada 2024.

"Secara umum kondusif, masyarakat beraktivitas seperti biasa baik di kantor-kantor pemerintah, di pasar, begitu juga petani, nelayan, sekolah-sekolah, toko-toko dan SPBU buka seperti biasa," ujarnya.

Kapolres berharap situasi kamtibmas Kaimana yang kondusif itu terus dipelihara dan dipertahankan hingga tahapan penetapan pasangan calon bupati-wakil bupati, kampanye, pemungutan suara, penghitungan dan penetapan suara hingga penetapan calon terpilih bupati-wakil bupati Kaimana periode 2024-2029.

"Mari kita semua menjaga kedamaian, menjaga keamanan agar penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada 2024 berjalan lancar, aman dan sukses. Semua potensi kerawanan tentu kami antisipasi sekecil apapun itu," ujarnya.

Selain melibatkan Polres Kaimana, pengamanan Pilkada 2024 di wilayah itu juga mendapat dukungan dari 30 personel Brimob Polda Papua Barat ditambah unsur TNI setempat.

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024