Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Papua Barat Daya melakukan monitor dan evaluasi bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) guna memastikan penyerapan anggaran pada program dan kegiatan pembangunan triwulan III 2024.
 
Sekretaris Bapperida Provinsi Papua Barat Daya, Fransiskus Krimadi, di Sorong, Kamis, menjelaskan ini tujuannya untuk memastikan sejauh mana implementasi anggaran terhadap Perencanaan program pembangunan yang telah dilakukan setiap OPD di Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya.   
 
"Ini tujuannya untuk kami memastikan data realisasi keuangan terhadap program kerja pembangunan oleh setiap OPD," kata dia.
 
Selain itu, Bapperida dalam waktu dekat akan melakukan pemantauan ke lapangan untuk melihat realisasi keuangan terhadap pembangunan fisik di lapangan.
 
"Kita tidak hanya duduk dan evaluasi tetapi juga akan diikuti dengan turun lapangan supaya memastikan ada pembangunan sesuai dengan program kerja setiap OPD," ujar dia.
 
Hasil memonitor dan evaluasi ini, sebut dia, akan menjadi rujukan dan acuan untuk menyusun perencanaan berikut khususnya menjadi patokan penyusunan RKPD perubahan.
 
"Hasil dari evaluasi ini akan disampaikan ke pimpinan terkait dengan OPD mana saja yang telah konsisten melaksanakan program sesuai dengan rencana," ucap dia.
 
Dia berkomitmen akan segera menyelesaikan monitor dan evaluasi progres pembangunan triwulan III, karena RKPD perubahan sangat bergantung dari hasil evaluasi dan monitor.

"Kami berharap monitoring dan evaluasi ini bisa segera ditampung guna menunjang RKPD perubahan Provinsi Papua Barat Daya," kata dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024