Pasangan Hermus Indou dan H Mugiyono (HERO) dipastikan menjadi pasangan calon tunggal alias melawan kotak kosong pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

"Kami sudah mendapat dukungan dari semua partai politik yang memiliki kursi di DPRD Manokwari. Dukungan sudah dalam bentuk dokumen B1 KWK," kata Hermus Indou, petahana Bupati Manokwari, Kamis.

Pada periode mendatang, DPRD Manokwari memiliki alokasi 30 kursi. PDI-Perjuangan menjadi partai dengan jumlah kursi terbanyak yaitu 5 kursi, disusul Golkar dan Gerindra masing-masing 4 kursi dan PKB sebanyak 3 kursi. 

Empat partai masing-masing memperoleh 2 kursi yaitu PKS, Partai Nasdem, PPP dan PAN. Sedangkan lima partai lainnya yaitu PSI, Hanura, Perindo, Partai Buruh dan Demokrat masing-masing mendapatkan 1 kursi.

Hermus mengatakan dirinya ingin melanjutkan landasan pembangunan di Kabupaten Manokwari yang sudah dirintis pada periode sebelumnya.

Hermus Indou terpilih sebagai Bupati Manokwari periode 2021-2024 yang digelar pada 9 Desember 2020, berpasangan dengan Edi Budoyo.

Menurut dia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di Kabupaten Manokwari, seperti perpanjangan landasan pacu Bandara Rendani yang baru berjalan tahap I, peralihan jalur untuk jalan dan jembatan menuju bandara, pembangunan Pasar Sanggeng, dan berbagai proyek strategis lainnya.

"Kita harus lanjutkan dan tuntaskan semua proyek dan rencana yang sudah kita mulai. Begitu juga pembangunan Pasar Wosi dan pelebaran jalan di Jalan Sudjarwo Condronegoro, Jalan Esau Sesa, Jalan Percetakan dan sebagainya," katanya.

"Kalau bukan kita yang melanjutkan maka akan sulit lagi melanjutkan perubahan di Kabupaten Manokwari, karena (kepala daerah) harus beradaptasi dan menyesuaikan diri lagi," ujarnya menambahkan.

Meskipun akan melawan kotak kosong, Hermus meminta seluruh massa pendukung dan simpatisan agar tidak lengah dan tetap berpolitik santun. 

Tim pemenangan harus memastikan agar masyarakat Manokwari mengetahui siapa pasangan 'HERO' dan menyalurkan hak politiknya di semua tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November 2024.

Meski telah mendapat dukungan dari seluruh parpol, Hermus tetap meminta dukungan dari seluruh masyarakat Manokwari.

"Dukungan dari seluruh masyarakat Manokwari tetap menjadi prioritas," kata Hermus.

Hermus mengakui harus menggelar survei tiga kali untuk mengetahui keinginan masyarakat Manokwari dalam menentukan siapa figur yang tepat untuk mendampinginya dalam memimpin Kabupaten Manokwari lima tahun ke depan. 

Pilihan itu akhirnya jatuh kepada H Mugiono.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024