Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, terus memperkuat pendidikan politik bagi masyarakat dan partai politik (parpol) sebagai upaya membangun konsep dan pemahaman terhadap politik semakin baik guna mendukung terciptanya situasi aman dan kondusif menjelang pilkada 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sorong Yakob Kareth di Sorong, Selasa, menjelaskan hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah menyiapkan pemahaman dan pandangan masyarakat dan parpol yang baik dan benar terhadap politik dalam mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Saya memberikan apresiasi kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang telah melaksanakan kegiatan pendidikan politik ini, sehingga nantinya bisa mewujudkan pilkada yang berkualitas, aman dan lancar," ujarnya saat membuka kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat dan parpol di Kota Sorong.

Menurut dia, dari pemahaman politik yang baik dan benar tentunya diharapkan bisa mewujudkan suksesnya pilkada 2024 di Kota Sorong.

"Terkait momentum ini tentunya setiap orang diminta untuk ikut berperan aktif dalam menyukseskan pilkada nanti, dengan memiliki kapasitas politik yang mumpuni, baik dan benar," ujarnya.

 Sebab, kata dia, tugas tersebut tidak harus diemban kepada penyelenggara, namun seluruh elemen masyarakat termasuk setiap parpol untuk memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat, supaya hak sebagai pemilih nantinya bisa terwujud secara baik sebagaimana diatur di dalam regulasi yang berlaku.

Menurut dia, hal ini bukan pekerjaan mudah, melainkan pekerjaan yang sangat besar dalam rangka menentukan masa depan Kota Sorong semakin baik.

Oleh karena itu, dia mengimbau setiap masyarakat dan parpol untuk bersama menjaga iklim dan kondisi politik yang kondusif, sehingga nantinya tercipta kompetisi yang sehat, demokratis dan berkualitas.

"Saat ini tersisa beberapa bulan kita memasuki proses pencoblosan maka kita perlu manfaatkan sebaik mungkin untuk terus meningkatkan kapasitas politik, memperbaiki kekurangan dan terus memberikan edukasi politik kepada masyarakat," kata dia.

Sosialisasi pendidikan politik kepada masyarakat ini dibuka secara langsung oleh Sekda Kota Sorong, Yakob Kareth yang akan berlangsung selama dua hari ke depan.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024