Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyatakan akan membayar beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP) sebesar Rp27 miliar yang dilakukan bertahap selama tiga tahun.

“Dalam 2024 kami harus menyicil tunggakan itu sebesar Rp27 miliar dan dibagi dalam dua tahap, kemudian 2025 akan sama dibayar bertahap hingga 2026,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura Parson Horota di Sentani, Minggu.

Menurut Parson, pembayaran beasiswa SUP 2024 tahap pertama telah dibayarkan, sehingga diharapkan orang tua dan mahasiswa tetap fokus belajar.

“Pembagian daerah otonomi baru (DOB) memang sangat berdampak kepada masalah pembiayaan beasiswa itu, sehingga pemerintah provinsi mengharapkan dukungan pemerintah kabupaten, kota dalam membantu pembayaran beasiswa SUP dikhususkan bagi mahasiswa asal daerah bersangkutan,” ujarnya.

Dia menjelaskan jumlah mahasiswa (pelajar) yang menerima beasiswa SUP 2024 asal Kabupaten Jayapura kurang lebih sebanyak 513 orang.

“Sesuai data mahasiswa (pelajar) yang berstudi di dalam negeri sebanyak 427 orang, sementara yang di luar negeri 86 orang,” katanya.

Dia mengharapkan mahasiswa (pelajar) mampu menyelesaikan studinya tepat waktu sehingga dapat kembali mengabdi di Papua khususnya Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap setiap tahunnya ada mahasiswa yang selesai sehingga beban biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah daerah pun semakin sedikit dan tidak terus menjadi tunggakan supaya 2026 pembayaran beasiswa SUP bisa selesai,” ujarnya,
 

Pewarta: Yudhi Efendi

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024