Pemerintah Provinsi Papua meminta warga Maluku yang ada di daerah itu agar melalui Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207 terus membangkitkan semangat gotong-royong untuk mengatasi segala tantangan dalam pembangunan ke depan.

Pelaksana Tugas Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Suzana Wanggai di Jayapura Kamis mengatakan, Kapitan Pattimura merupakan pahlawan yang berjuang dengan semangat yang membara demi kemerdekaan Tanah Air.

"Sehingga sebagai warga Maluku tidak hanya mengenang sejarah tetapi juga menatap masa depan dengan harapan dan tekad yang sama kuatnya dalam mengisi pembangunan berkelanjutan," katanya.

Menurut Wanggai, selain membangkitkan semangat gotong-royong, perayaan HPN Kapitan Pattimura 2024 yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan.

"Karena dengan kebersamaan itu merupakan landasan yang kuat dalam berbagai pembangunan di berbagai bidang," katanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) di Tanah Papua Christian Sohilait mengatakan, pada momentum Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207 yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal itu mengusung tema "Merajut Hubungan Pela Gandong".

"Itu berarti melalui tema ini diharapkan semua warga Maluku di Papua terus membangun persaudaraan sehingga hidup lebih harmonis," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Maluku di Tanah Papua agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024