Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christine Ruth Rumkabu menyatakan kesuksesan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Manokwari menjadi barometer kesuksesan Pilkada di Provinsi Papua Barat.

"Karena Manokwari adalah ibukota Provinsi Papua Barat sehingga pelaksanaan pilkada harus dapat berjalan dengan lancar, tertib dan damai," saat peluncuran tahapan Pilkada serentak 2024 di Manokwari, Selasa.

Ia mengatakan, berkaca dari pilpres dan pileg 2024 lalu, pemungutan suara ulang (PSU) menjadi catatan penting dan tantangan pada pelaksanaan pilkada.

Tantangan tersebut tidak hanya tanggung jawab penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu, tapi juga bagi pemerintah daerah, TNI-Polri, kejaksaan, masyarakat dan semua pemangku kepentingan. 

"Seluruh masyarakat Manokwari harus bertanggung jawab bersama demi suksesnya seluruh tahapan pilkada maupun pelaksanaan pemungutan suara pada Rabu 27 November 2024," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap rakyat di Manokwari harus menyadari bahwa pesta demokrasi Pilkada 2024 akan menghasilkan seorang pemimpin yang akan menjadi ujung tombak pada pembangunan daerah. 

Pilkada merupakan sarana pendidikan politik bagi warga sehingga seluruh warga harus dengan penuh rasa tanggung jawab dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Manokwari

"Saya mengajak kita sekalian warga masyarakat Manokwari untuk dapat menggunakan hak pilih sebagai warga negara Indonesia yang baik karena pilihan anda menentukan pemimpin Manokwari 5 tahun ke depan," ujarnya.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan, Pilkada serentak di Kabupaten Manokwari dapat berjalan sesuai harapan dan komitmen demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia mengatakan, seluruh pemangku kepentingan baik penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu, pemerintah, TNI Polri harus mematahkan stigma negatif penyelenggaraan pemilu di Papua Barat.

"Selama ini banyak orang berpikir pemilu di Manokwari, Papua Barat akan mengalami banyak gangguan. Stigma itu sudah kita jawab pada pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Kita juga harus membuktikan bahwa prestasi Pilkada akan lebih baik lagi dari Pemilu 2024," ujarnya.

Untuk kesuksesan penyelenggaraan Pilkada, Pemkab Manokwari telah mengeluarkan hibah dengan total Rp85,5 miliar. Melalui NHPD, pemerintah memberikan hibah pada KPU Manokwari Rp50 miliar, Bawaslu Manokwari Rp19 miliar, terakhir TNI-Polri Rp16,5 miliar.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024