Bupati Manokwari, Provinsi Papua Barat Hermus Indou menyatakan beroperasinya pesawat khusus kargo diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut karena berdampak pada geliat pelaku usaha.

"Kehadiran pesawat khusus kargo menjadi awal yang baik bagi perekonomian tidak hanya bagi Kabupaten Manokwari, tapi juga kabupaten-kabupaten tetangga seperti Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak, dan Teluk Bintuni," kata Hermus di Manokwari, Jumat.

Ia mengatakan, dengan kehadiran pesawat khusus kargo maka para pelaku usaha lebih leluasa mengirim barang keluar maupun ke dalam Manokwari. Dengan harga yang lebih bersaing akan menghidupkan kembali gairah para pengusaha memanfaatkan jasa pelayanan kargo. 

Apalagi Manokwari dan kabupaten-kabupaten tetangga di Provinsi Papua Barat memiliki komoditas dan potensi perekonomian di sektor perikanan, sektor pertanian dan perkebunan dan sektor-sektor lainnya.

"Kita berharap dengan jasa pelayanan kargo ini akan meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas pelayanan kepada seluruh pelaku ekonomi di Manokwari maupun di Provinsi Papua Barat," katanya.

Ia mengatakan, komitmen untuk membangun Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat tidak terlepas pada peran pemerintah semata tetapi harus menjadi komitmen bersama swasta dan masyarakat.

Kabupaten Manokwari dalam berkompetisi dengan daerah lain harus memiliki fasilitas dan pelayanan-pelayanan pembangunan dalam semua aspek, tak terkecuali dalam sektor penerbangan.

"Kami juga sudah mengatur kerjasama antar daerah di Provinsi Papua Barat untuk memastikan Bandara Manokwari ke depan bisa menjadi kompetitif," ujarnya.
 
Water salute untuk menyambut penerbangan perdana pesawat khusus Kargo di Bandara Rendani, Manokwari, Jumat (3/5/2024). (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

Asisten Ill Sekda Papua Barat Otto Parorongan mengatakan, kehadiran penerbangan kargo di Manokwari dapat menjawab kerinduan masyarakat khususnya para pelaku ekonomi dalam memudahkan pengiriman produk-produk unggulan dari Papua Barat

"Pemprov Papua Barat juga tengah upayakan penerbangan dari LNG Tangguh di Kabupaten Sorong bisa pindah ke Manokwari," katanya.

Vice Precident Cargo Citilink Indonesia Fajar Adhitia mengatakan pesawat kargo Citilink bisa dimanfaatkan mengangkut komoditas-komoditas utama yang dihasilkan di Manokwari maupun Papua Barat. 

Menurutnya, penerbangan kargo dilaksanakan sebagai bentuk komitmen anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi logistik khususnya transportasi udara yang diharapkan semakin memudahkan pendistribusian logistik khususnya dari Manokwari ke daerah lain atau antar daerah.

"Harapannya ke depan nanti lebih banyak lagi komoditas ekspor langsung dari Manokwari. Semoga penerbangan ini dapat memberikan manfaat yang luas tidak hanya untuk meningkatkan konektivitas logistik antar daerah tapi juga terjadi pemerataan ekonomi di Papua Barat, khususnya di Manokwari," katanya.

Untuk awal operasi, pesawat kargo tersebut akan melayani penerbangan dua kali seminggu dengan rute Jakarta-Makassar-Sorong-Manokwari-Jakarta. Penerbangan dari Manokwari akan langsung menuju Jakarta sehingga membuka peluang bagi para pelaku usaha di Manokwari untuk mengirim barang ke Jakarta.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024