Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, membuka pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu distrik untuk Pilkada 2024 sekaligus mengevaluasi kinerja 45 orang anggota panwaslu yang tersebar pada 15 distrik wilayah itu.

Pelaksana Harian Ketua Bawaslu Sorong Selatan Anita Desi Kmesrar di Teminabuan, Kamis, menjelaskan pembentukan panwaslu kecamatan dilakukan melalui dua tahap, yaitu evaluasi kinerja bagi mereka yang sementara menjabat dan rekrutmen calon anggota baru.

"Panwaslu kecamatan kali ini kami masih melakukan evaluasi bagi panwaslu yang masih menjabat sekarang. Dari hasil evaluasi, jika masih kurang maka akan dibuka lagi pendaftaran bagi mereka yang baru," kata Desi.

Untuk Pilkada 2024, Bawaslu Sorong Selatan telah mengeluarkan pengumuman tentang jadwal dan tahapan pembentukan panitia panwaslu kecamatan.

"Dari hasil evaluasi, terdapat distrik yang kuotanya kurang sehingga untuk distrik tersebut kami buka pendaftaran calon anggota baru," ujar Desi.

Untuk 45 orang anggota panwaslu kecamatan yang masih menjabat, Desi mengaku telah mengetahui kinerja mereka dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Jika ada yang tidak terpilih lagi jangan berkecil hati karena hasil tersebut berdasarkan evaluasi kinerja masing-masing selama pemilu kemarin," tambahnya.

Sosialisasi tata cara pembentukan panwaslu kecamatan hingga 26 April 2024. Selanjutnya proses pemenuhan syarat bagi anggota panwaslu yang bertugas pada pemilu dan penerimaan serta verifikasi berkas administrasi anggota panwaslu pada 23 sampai 27 April 2024.

"Sedangkan pelaksanaan evaluasi kinerja panwaslu yang masih menjabat pada tanggal 26 dan 27 April 2024," jelas Desi.

Dia melanjutkan pengumuman pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan pada 3-4 Mei, selanjutnya penerimaan, penelitian, dan verifikasi berkas administrasi pendaftar pada 5-7 Mei.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024