Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional XIV Manokwari, Papua Barat meninjau pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan Sistem Computer Asested Tes (CAT) di Kabupaten Sorong Selatan.

Kepala BKN Papua Barat Sabar Parlindungan Sormin di Sorong, Sabtu, mengatakan pelaksanaan seleksi CPNS di Kabupaten Sarong Selatan merupakan formasi pada 2018 yang dilaksanakan pada 2019.

Dia mengatakan seleksi dilakukan secara terbuka metode CATmerupakan implementasi pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka transparansi untuk mencegah terjadinya praktik kolusi, korupsi, dan nepotisme.

Dia mengatakan fasilitas CAT akan menampilkan dan menayangkan secara langsung hasil skor di layar komputer masing-masing peserta serta ditampilkan di layar monitor yang dapat dilihat oleh masyarakat.

"Dapat pula dicetak dan ditempelkan pada papan pengumuman guna diketahui banyak orang," ujar dia.

Oleh karena itu, kata dia, hasil seleksi CPNS di daerah-daerah Papua Barat, terutama Sorong Selatan murni dan tidak ada intervensi pihak manapun.

Ia mengajak masyarakat agar jangan percaya dengan siapa pun yang mengaku sebagai calo dan menjanjikan kelulusan CPNS sekalipun yang bersangkutan adalah pejabat.

Penerimaan CPNS bagi Sarong Selatan pada 2018 untuk 468 formasi dan hasil seleksi murni tanpa ada intervensi pihak manapun.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019