Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat menyebut situasi kamtibmas di wilayahnya cukup aman dan kondusif saat berlangsung pemungutan suara hingga penghitungan suara Pemilu 2024, Rabu.

"Dari pagi saat pencoblosan hingga petang ini secara umum situasi kamtibmas di Kota Sorong aman terkendali," kata Septinus Lobat.

Menurut dia, kondusifnya situasi kamtibmas di Kota Sorong itu berkat dukungan dan peran serta semua pihak baik pihak Kepolisian, TNI maupun seluruh komponen masyarakat.

"Terima kasih kepada pihak keamanan yang telah terlibat mengamankan proses pemungutan suara di 730 TPS di 10 distrik di Kota Sorong. Kami berharap kondisi ini bisa terjaga sampai proses pungut hitung suara Pemilu 2024 selesai dengan aman," ujarnya.

Pada Rabu pagi, Septinus Lobat bersama isterinya Ny Jemima Elisabeth Lobat menyalurkan hak pilih di TPS 08, Kelurahan Remu, Kota Sorong.

Septinus mengatakan partisipasi aktif dalam Pemilu 2024 ini merupakan bagian dari tanggung jawab moral untuk ikut menentukan masa depan bangsa dan negara serta daerah.

"Ini penting disadari bahwa sebagai warga negara punya tanggung jawab moral untuk menentukan masa depan bangsa lewat penyaluran hak suara sesuai dengan hati nurani," ujarnya.

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di Kota Sorong dikawal ketat pihak Kepolisian Resor Kota Sorong yang menerjunkan sebanyak 373 anggota untuk mengawal dan mengamankan proses pemungutan suara pada 730 TPS.

Jumlah pemilih di Kota Sorong yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 205.507 orang, terdiri dari pemilih laki-laki 106.544 orang dan pemilih perempuan 98.963 orang.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024