Warga Manokwari, Provinsi Papua Barat, sudah mulai mencoblos untuk memilih presiden-wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota, Rabu.

Sebagian besar tempat pemungutan suara (TPS) di Manokwari sudah siap dan buka pada pukul 07:00 Waktu Indonesia Timur (WIT). Masyarakat pun berbondong-bondong mengantre di TPS.

Di Papua Barat terdapat sebanyak 3 915 TPS yang tersebar di 13 kabupaten/kota. Distribusi surat suara sudah mulai berlangsung sejak tujuh hari sebelum mencoblosan terutama untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau.

"Seperti enam TPS di tiga kampung Distrik Naikere Kabupaten Teluk Wondama. Tiga kampung ini hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. waktu tempuh bisa sampai tiga hari," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat, Amus Atkana di Manokwari.

Daerah lain yang sulit dijangkau, katanya, Distrik Moskona Selatan dan Moskona Timur Kabupaten Teluk Bintuni. Distribusi logistik ke daerah tersebut dilakukan dengan helycopter.

"Di Kabupaten Kaimana juga ada beberapa kampung yang sulit dijangkau. Harus berjalan kaki sejauh 8 kilo meter," sebutnya.

Amus berharap, pemungutan suara berjalan lancar di 3.915 TPS. Terkait logistik pemilu, sesuai laporan KPU kabupaten/kota seluruhnya sudah terdistribusi.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, pada wawancara terpisah menyatakan, dirinya yakin pemungutan suara di daerah ini berjalan lancar dan aman. Langkah antisipasi sudah dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi.

"Koordinasi dan komunikasi terus kita lakukan baik dengan Polda, Kodam, KPU, Bawaslu juga tokoh masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019