Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menerima logistik Pemilu 2024 berupa tiga jenis surat suara pemilihan calon anggota legislatif yaitu DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Sekretaris KPU Papua Barat Michael Mote di Manokwari, Rabu, mengatakan surat suara pemilihan calon anggota legislatif terlebih dahulu disortir kemudian didistribusikan ke lima kabupaten.

Lima kabupaten yang dimaksud adalah Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama.

"Kalau untuk Kaimana dan Fakfak dikirim melalui Sorong (Papua Barat Daya)," kata Michael Mote.

Menurut dia proses distribusi tiga jenis surat suara tersebut semestinya dari Pelabuhan Laut Manokwari langsung ke gudang KPU masing-masing kabupaten di Papua Barat.

Namun, setelah dievaluasi KPU provinsi berinisiatif melakukan pengecekan ulang sesuai kabupaten tujuan guna mencegah kesalahan pengiriman yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa.

"Kami takut terjadi kesalahan jika selesai dibongkar di pelabuhan lalu dikirim langsung ke kabupaten," jelas Michael.

Ia menerangkan surat suara untuk Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Teluk Bintuni langsung dikirim seusai penyortiran yang dikawal ketat oleh personel kepolisian.

Sementara surat suara tujuan Kabupaten Pegunungan Arfak dan Teluk Wondama akan dikirim pada Kamis (18/1) karena disesuaikan dengan kondisi geografis dua kabupaten tersebut.

"Teluk Wondama kapalnya ada besok (Kamis), sama dengan Pegunungan Arfak besok dikirim," tutur dia.
Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Michael Mote saat diwawancara awak media di Manokwari, Rabu. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)


Berdasarkan data kebutuhan, kata Michael, setiap jenis surat suara pemilihan calon anggota legislatif untuk tujuh kabupaten di Papua Barat mencapai 394.058 lembar termasuk dua persen surat suara cadangan.

Jumlah itu terdiri dari Manokwari 141.191 lembar, Manokwari Selatan 28.272 lembar, Pegunungan Arfak 34.690 lembar, Teluk Bintuni 58.648 lembar, Teluk Wondama 27.110 lembar, Kaimana 44.488 lembar, dan Fakfak 59.659 lembar.

"Surat suara masing-masing jenis sesuai daftar pemilih tetap (DPT) ada 394.058 lembar, tapi harus disortir dulu oleh rekan-rekan KPU kabupaten," ucap Michael.

Ia menerangkan bahwa KPU provinsi tidak hanya menerima tiga jenis surat suara pemilihan anggota legislatif untuk lima kabupaten di Papua Barat.

Logistik Pemilu 2024 lainnya yang telah diterima pada Rabu (17/1) meliputi formulir model C plano, formulir model C salinan model A4, kertas sampul berbentuk kubus dan biasa.

"Semuanya itu dikirim ke masing-masing kabupaten bersamaan dengan pengiriman surat suara," ujar dia.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024