Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meninjau kesiapan Bandar Udara Siboro di Kabupaten Fakfak, yang nantinya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal itu dikatakan oleh Pelaksanaan Tugas Sekretaris Daerah Papua Barat Yacob Fonataba saat diwawancara awak media sesuai apel di Manokwari, Senin pagi.

Selain bandara, kata Fonataba, Penjabat Gubernur Papua Barat juga memastikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Fakfak terkait kunjungan Presiden Jokowi yang dijadwalkan pada akhir November 2023.

"Hasil peninjauan kesiapan akan dilaporkan pak gubernur kepada Sekretariat Presiden di Jakarta," kata Yacob Fonataba.

Ia menuturkan bahwa Presiden Jokowi tidak hanya meresmikan proyek strategis nasional (PSN) Bandara Siboru Fakfak melainkan kawasan industri di Kabupaten Teluk Bintuni.

Oleh sebabnya, Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere terlebih dahulu memastikan kesiapan dari dua PSN sekaligus persiapan pemerintah daerah.

"Pak gubernur masih kunjungan untuk memastikan progres dua PSN dan kesiapan masing-masing pemerintah kabupaten," ucap Yacob Fonataba.

Perlu diketahui bahwa, Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meninjau pembangunan Bandara Siboru Kabupaten Fakfak, pada Jumat (10/11).

Dalam kunjungan tersebut Penjabat Gubernur didampingi Kepala Polda Papua Barat Inspektur Jenderal Daniel T Monang Silitonga, Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap, dan Wakil Ketua II DPR Papua Barat Saleh Siknun.

Ali Baham mengatakan, pemerintah provinsi terus mendorong percepatan penyelesaian seluruh infrastruktur bandara baik ruang tunggu maupun akses jalan yang dirampungkan dalam waktu dekat.

"Progresnya lebih baik dari laporan yang diterima. Tinggal pembenahan beberapa sarana prasarana saja," kata Ali Baham.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023