Perum Bulog menargetkan pembelian beras dari petani di Merauke, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, sebanyak 16.577 ton selama 2023.

Wakil Kepala Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Papua dan Papua Barat Dedi Apriliadi di Jayapura, Jumat, mengatakan target pembelian beras dari petani Merauke itu terdiri atas beras PSO sebanyak 16.164 ton dan sisanya 413 ton untuk beras komersial.

Dari target tersebut Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat telah menyerap beras medium PSO dari petani sebanyak 1.082 ton dan beras tersebut untuk pengadaan di Kabupaten Merauke dengan harga beli Rp9.950 per kilogram.

Sedangkan pengadaan untuk beras komersial sebanyak 4.694 ton, kata Dedi.

Ketika ditanya tentang persediaan beras yang dimiliki Bulog di gudang yang tersebar di enam provinsi di Tanah Papua, Waka Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat itu mengakui saat ini persediaan mencapai 50.806 ton.

Beras-beras itu saat ini berada di gudang Bulog yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, Papua Barat dan Papua Barat Daya, dan setiap bulan  disalurkan sebanyak 11.118 ton.

Beras yang disalurkan itu untuk memenuhi kebutuhan beras untuk golongan anggaran, SPHP dan bantuan pangan tahap II sebanyak 11.120 ton.

"Persediaan beras itu mampu bertahan berkisar empat hingga enam bulan ke depan," kata Dedy Apriliadi.
 

Pewarta: Evarukdijati

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023