Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, meningkatkan akses jalan di Distrik Warmare untuk membuka isolasi daerah dan meningkatkan perekonomian warga.

Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Kamis, mengatakan tahun ini Pemkab Manokwari telah memperbaiki tiga infrastruktur jalan di Distrik Warmare.

"Tahun ini kami kerjakan peningkatan kualitas jalan Distrik Warmare-Maruni, Kampung Mokwam-Kwau ke muara Sungai Prafi dan pembuatan akses jalan dari Anday-Maripi ke Warmare hingga SP 1," kata Hermus.

Hermus menjelaskan, peningkatan kualitas jalan dari Distrik Warmare ke Maruni sedang dikerjakan PUPR. Peningkatan kualitas jalan tersebut diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan pengguna jalan.

Pemkab Manokwari juga sedang melakukan pengaspalan jalan di Kampung Mokwam dan Kwampung Kwau hingga muara Sungai Prafi. Perbaikan kualitas jalan itu dilakukan karena Mokwam dan Kwau diproyeksikan sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Manokwari.

Tidak hanya peningkatan kualitas jalan, tahun ini Pemkab Manokwari juga membuat akses jalan baru yang menghubungkan Anday-Maripi, Distrik Warmare hingga SP 1. Jalan itu akan melewati daerah perkebunan kelapa sawit.

"Jalan ini akan menghubungkan antardistrik dan akan mengikuti Sungai Warmare. Tapi nanti ada keluarga petani kelapa sawit yang terdampak,  pemda akan bartanggung jawab ganti rugi," ujarnya.

Hermus mengatakan, pembangunan jalan tersebut penting untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat. Selain itu membuka isolasi daerah karena saat ini di Kabupaten Manokwari banyak usulan pemekaran kampung/desa. Dengan begitu, saat pemekaran kampung terbentuk, akses jalan sudah tersedia.

"Banyak orang akan menikmati jalan di Warmare ini karena ada jalan alternatif dan bisa memperingkat waktu tempuh. Kalau sudah akses jalan juga perekonomian warga akan bergerak, akan ada kebun-kebun baru. Warga tidak perlu lagi berjalan kaki seperti orang-orang tua kita," jelasnya.

Ia berharap, jalan yang sudah dibangun oleh pemerintah bisa dijaga oleh masyarakat dengan menjaga kondisi di Warmare. Warga diminta tidak mudah memalang jalan atau memblokir jalan jika ada permasalahan.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023