Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya meningkatkan kualitas tenaga guru lewat program kuliah gratis bagi guru honorer tamatan SMA yang diharapkan bisa mengurangi kekurangan tenaga pengajar di daerah itu.
 
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tambrauw Yoseph Yewen di Sorong, Senin, menjelaskan program kuliah gratis ini merupakan kebijakan strategis Pemerintah Kabupaten Tambrauw untuk menjawab kekurangan guru.
 
"Kita masih kekurangan tenaga guru sehingga ada kebijakan lain untuk menjawab itu dengan kuliah gratis," jelas Yosep Yewen.
 
Pemerintah Kabupaten Tambrauw, sebut dia, telah bekerja sama dengan sejumlah universitas ternama seperti Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong untuk mengakomodasi guru asal Tambrauw mengambil program keguruan.
 
"Untuk tahun ini kita akan masukan 45 orang kuliah di Unimuda Sorong ambil program keguruan," sebut Yoseph Yewen.
 
Menurut dia, pada tahun lalu Pemerintah Kabupaten Tambrauw telah mengirim 60 orang guru mengambil  program pendidikan PAUD.
 
"Kebijakan ini diambil untuk membantu guru tamatan SMA/SMK bisa terakomodasi pada setiap tes program PPPK ( pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) , sehingga kapasitas guru itu memadai supaya diangkat menjadi guru PPPK nanti," kata Yoseph.
 
Biaya kerja sama dengan Unimuda Sorong, sebut dia, setiap tahun dianggarkan Rp430 juta untuk biaya 60 mahasiswa calon guru PAUD. Sementara biaya tahun depan belum dipastikan jumlah anggaran yang disiapkan, karena masih dalam penyusunan jumlah calon kuliah.
 
Selain di Unimuda Sorong, Pemerintah Kabupaten Tambrauw pun bekerja sama dengan Universitas Gorontalo untuk mengakomodasi calon guru SD, SMP dan SMA di kampus itu.
 
"Tahap pertama, kedua dan ketiga sudah wisuda dan mereka kembali mengajar di Kabupaten Tambrauw," katanya.

Pada 2021, kata dia, juga telah dikirim  10 orang untuk kuliah di Universitas Sanata Dharma. Selanjutnya, di STKIP Tangerang pun dikirim lima calon guru bahasa inggris, matematika, fisika, kimia untuk mengambil program pendidikan di kampus itu.
 
Dia berharap, dengan adanya terobosan Pemerintah Kabupaten Tambrauw bisa menjawab kebutuhan guru sehingga kualitas pendidikan di wilayah ini lambat laut semakin meningkat.
  

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023