Upacara HUT ke-78 RI yang digelar Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat di Lapangan Kampung Desay, Manokwari, Papua Barat, Kamis, berlangsung khidmat meski diguyur hujan deras.

Bupati Manokwari Hermus Indou bertindak sebagai inspektur upacara, sementara peserta upacara terdiri atas pelajar dari tingkat SD hingga SMA, ASN Pemkab Manokwari, TNI-Polri dan juga perwakilan komunitas serta ormas.

“Mari kita kita terus hargai para pejuang yang telah mempersembahkan kemerdekaan untuk bangsa dan negara ini. Kita sebagai generasi yang hidup di era ini wajib kita meneruskan dan mengisi kemerdekaan,” kata Hermus.

Hermus mengatakan untuk memaknai kemerdekaan Indonesia, Pemkab Manokwari berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan pembangunan di segala bidang sesuai.

“Kita mempunyai moto, Manokwari untuk semua dan semua untuk Manokwari dengan berfokus pada visi pembangunan daerah yaitu Kabupaten Manokwari menjadi pusat peradaban di Tanah Papua,” katanya.

Ia menjelaskan yang terpenting menjadi program pemerintah adalah bagaimana memperjuangkan transformasi pembangunan secara menyeluruh baik di aspek fisik maupun non fisik.

“Kita juga sedang berjuang untuk membangun kualitas sumber daya manusia melalui sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat. Bahkan indeks pembangunan manusia (IPM) Manokwari peringkat satu di Provinsi Papua Barat yaitu 72 poin,” jelas Hermus.

Ia menambahkan, saat ini angka kemiskinan di Manokwari juga menurun dari 21 persen menjadi 19 persen.

“Kita terus bekerja membangun di segala bidang sehingga pencapaian sektor pembangunan bisa kita raih,” ujarnya.
Paskibra saat mengibarkan bendera pada upacara HUT ke-78 RI di Manokwari, Kamis (17/8/2023) (ANTARA/Ali Nur Ichsan)


Meski diguyur hujan, rangkaian upacara bendera memperingati HUT ke-78 RI berjalan khidmat dari awal hingga selesai. Seluruh peserta tetap mengikuti upacara meski dengan dengan baju basah kuyup.

Bahkan di bawah guyuran hujan Bupati Manokwari Hermus Indou sempat menuju ke lapangan langsung memberi selamat kepada komandan upacara begitu upacara selesai. Hal itu sebagai bentuk apresiasi karena seluruh petugas dan peserta upacara telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Bupati juga memberi ucapan selamat kepada pasukan pengibar bendera yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023