Sorong, (Antara) -Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Kodim 1704/Sorong menggelar penyuluhan kehutanan bagi masyarakat Kampung Kaliam Distrik Salawati Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

"Penyuluhan kehutanan tersebut merupakan salah satu kegiatan bukan fisik pelaksanaan Program TMMD ke-99 wilayah Kodim 1704 Sorong," kata Dansatgas TMMD ke-99 Letkol Inf Daniel E.S. Lalawi di Sorong, Selasa.

Dia mengatakan, penyuluhan tersebut bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Raja Ampat guna masyarakat memanfaatkan hutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, penyuluhan bertujuan agar masyarakat melindungi hutan serta  memanfaatkan hutan sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.

Masyarakat berkewajiban untuk melindungi hutan sebab hutan adalah sumber kehidupan bagi masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan.

Karena itu, kata dia, penyuluhan kehutanan sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat terkait pemanfaatan hutan karena ada sanksi hukum bagi masyarakat yang salah memanfaatkan hukum.

Ia berharap penyuluhan ini bermanfaat bagi masyarakat terutama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan hutan demi kemakmuran dan untuk kelangsungan hidup generasi di masa yang akan datang.

"Selain kehutanan kami telah melakukan penyuluhan perikanan dan kelautan, penyuluhan hidup sehat, Kamtibmas dan bahaya narkoba yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat di kanpung,"ungkapnya.(*)

Pewarta: Ernes B Kakisina

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017