Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manokwari, Papua Barat mengerahkan sebanyak 156 personel untuk mengamankan perayaan ibadah Paskah 2023 di wilayah tersebut.
 
Kepala Bagian Operasi Polresta Manokwari Kompol Musa Jedi Permana di Manokwari, Rabu, mengatakan ratusan personel Polri nantinya disebarkan ke 11 gereja mulai 6-9 April 2023.
 
"Kita kerahkan personel dalam pengaman rangkaian Paskah seperti ibadah, kemah, dan pawai," kata Musa.
 
Ia melanjutkan pengamanan Paskah 2023 di Manokwari juga melibatkan personel dari unsur TNI, pemerintah daerah setempat, dan organisasi masyarakat.

Untuk personil TNI diperkirakan mencapai 1 SST (Satuan Setingkat Pleton) dan 10 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Manokwari.

"Kita sudah ajukan bantuan personel ke Kodim 1802 Manokwari dan pemda," ucap dia.

Ia memastikan bahwa situasi dan kondisi di Kabupaten Manokwari menjelang perayaan Paskah aman terkendali, meski demikian Polri tetap mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas) yang akan terjadi.

Ada beberapa titik rawan sesuai pemetaan kepolisian setempat yaitu kawasan Sanggeng, Wirsi, Arkuki, Fanindi dan Amban.

"Titik rawan itu yang nantinya ada penebalan personel," jelas dia.

Musa mengimbau agar seluruh elemen masyarakat di Manokwari turut berkontribusi dalam memelihara keamanan daerah, sehingga pelaksanaan ibadah Paskah 2023 berjalan sesuai ekspektasi.

Polri juga berpesan agar setiap umat beragama harus saling menghormati demi merawat toleransi dan harmonisasi kehidupan hingga masa mendatang.

"Kami imbau agar masyarakat tetap jaga toleransi dengan menjaga situasi dan kondisi supaya selalu kondusif," ujar Musa.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023