Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman meminta para pengurus 
KONI Provinsi Papua Barat Daya agar segera menyiapkan rencana induk pembangunan kawasan pusat olahraga di wilayah itu. 
 
"Ketua Umum dan pengurus KONI Papua Barat Daya sudah dilantik dan dikukuhkan, maka segera berpikir bagaimana menyiapkan master plan untuk kawasan pusat olahraga," ujar Marciano di Sorong, Rabu.
 
Menurutnya, pembentukan KONI selain menjaring dan membina potensi olahraga di daerah, tapi juga dalam upaya menyiapkan kawasan pusat olahraga sehingga bisa mengoptimalkan potensi tersebut secara baik dan maksimal. 
 
"Sehingga satu hari nanti, Papua Barat Daya juga bisa menjadi tuan rumah pada momen olahraga," kata purnawirawan TNI bintang tiga itu.
 
Ketua Umum KONI Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad, berkomitmen akan bekerja keras, cerdas dan ikhlas untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diemban. 
 
"Ini tugas sudah di pundak, kita akan bekerja keras supaya harapan dari KONI Pusat bisa tercapai," ucap Musa'ad. 
 
Sejumlah program yang akan dilaksanakan oleh KONI Papua  Barat Daya ke depan antara lain melakukan proses pembibitan atlet, merancang format yang tepat untuk mendukung proses pembibitan ke depan, pembinaan dan pelatihan. 
 
"Kita juga akan berupaya untuk menyiapkan master plan untuk kawasan pusat olahraga ke depan," jelasnya. 
 
Berkaitan dengan pembinaan potensi olahraga di Provinsi Papua Barat Daya maka kolaborasi antar kabupaten/kota dengan provinsi sangatlah penting.

Pewarta: Yuvensius L Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023