Wasior, (Antaranews Papua Barat)-  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, berharap, panitia pengawas tingkat distrik bekerja secara secara maksimal mengantisipasi kecurangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019

Sekretaris Bawaslu Teluk Wondama, Frederik Abidondifu di Wasior, Kamis, menyebutkan, seluruh personil pengawas harus faham tentang aturan kepemilian, dengan demikian seluruh tahapan pada Pemilu ini berjalan sesuai aturan.

"Selain itu, terkait penggunaan anggaran. Dana yang diterima harus digunakan secara baik juga dapat dipertanggungjawabkan," kata dia.

Jajaran Panwaslu tingkat distrik agar membuktikan kinerja di bidang keuangan, dari perencanaan, pengelolaan hingga pertanggungjawaban semua anggaran yang digunakan.

Sesuai komitmen Bawaslu RI, kata Frederik, Bawaslu Teluk Wondama juga harus bisa mencapai dua sukses dalam penyelenggaran Pemilu Serentak 2019. Yakni sukses dalam pengawasan Pemilu sekaligus sukses dalam pertanggungjawaban keuangan negara.

“Dalam penyelenggaraan pertanggungjawabkan keuangan harus dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu legal, akuntabel, transparan dan proporsional,“ujar Frederik.

Beberapa waktu lalu, Bawaslu melaksanakan bimbingan teknis tentang pengelolaan anggaran bagi Panwaslu distik. Kegiatan tersebut diikuti para ketua, sekretaris dan pejabat pengelola keuangan Panwaslu Distrik dari 13 Distrik di Kabupaten Teluk Wondama.

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019