Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, menyiapkan daftar hadir digital untuk menunjang kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus mendisiplinkan pegawai dalam pelayanan kepada masyarakat.
 
Bupati Manokwari Hermus Indou, di Manokwari, Senin, menyatakan daftar hadir digital itu akan diluncurkan pada bulan Maret yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Papua Barat.
 
"Daftar kehadiran digital ini akan berfokus pada pendataan kehadiran pegawai sedangkan untuk mengenai kinerja, ASN masih akan melaporkan secara manual setiap pekan," ujar Hermus.
 
Ia menyebut data kehadiran pegawai itu juga akan membantu dalam mendata pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Pembayaran TPP biasanya dinilai melalui indikator kehadiran dan kinerja pegawai per hari.
 
Kata Hermus, TPP sangat berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai di lingkungan Pemkab Manokwari sekaligus memotivasi kerja dan disiplin.
 
Dia mencontohkan, pada jabatan eselon II, TPP ditetapkan besarannya mencapai Rp8 Juta, tetapi nilai tersebut bisa berubah tergantung kehadiran pegawai dan kinerjanya.
 
Kehadiran absensi digital disebutnya akan mengefisienkan anggaran Pemkab Manokwari sehingga anggaran yang ada dapat digunakan untuk pembangunan daerah yang lebih diperlukan.
 
"Yang pasti absensi digital ini kita sudah siapkan dan sudah siap juga untuk kita luncurkan. Penggunaan absensi digital juga mempertimbangkan perkembangan teknologi informasi," jelas dia.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023