Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 727 penerima berkategori orang lanjut usia, anak terlantar, dan disabilitas.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Manokwari Ferdy M. Lalenoh di Manokwari, Kamis, menerangkan BLT itu semestinya disalurkan pada Desember 2021 tetapi tingkat kesibukan yang cukup padat di Bank Papua, sehingga penyaluran dilakukan pada Januari 2023.
 
"Ini merupakan suatu komitmen wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Manokwari kepada para saudara kita disabilitas, anak terlantar, dan lansia yang ada di daerah supaya kualitas hidup mereka meningkat," ujar dia..
 
Ia menyebut setiap penerima bantuan mendapatkan uang tunai Rp1,5 juta.

Penerima bantuan dipastikan tidak hanya di daerah perkotaan melainkan juga di daerah yang jauh dari kota, seperti di Distrik Warmare, Prafi, Sidey dan Masni. Penyaluran di empat distrik itu dilakukan di dua kantor distrik, yakni Prafi dan Sidey.
 
Penerima bantuan di Distrik Manokwari Timur dilayani di Kantor Kelurahan Pasir Putih.
 
"Penerima bantuan yang ada di kota terdiri dari Distrik Manokwari Barat, Manokwari Selatan, Manokwari Utara, dan Distrik Tanah Rubuh menerima bantuannya di Bank Papua," ujar dia.

Penyaluran itu dipastikan Ferdy sudah dilakukan sejak Senin (9/1).
 
Penyaluran BLT, katanya, merupakan program unggulan yang dicanangkan Bupati Manokwari Hermus Indou dan Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo.
 
Dia memastikan program yang baru dijalankan pada 2022 akan berlanjut pada 2023.

Hanya saja, dia menyebut kemungkinan terjadi penurunan jumlah penerima dikarenakan adanya pengurangan alokasi anggaran.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023