Perum Bulog Sub Divisi Regional (subdivre) Manokwari, Provinsi Papua Barat,  mengajak masyarakat untuk  berbelanja kebutuhan pokok di Bulog atau Rumah Pangan Kita (RPK) karena harganya stabil.

"Harga beras yang premium dan menengah, minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu yang kami tawarkan masih sama dengan sebelum ada penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), " kata Kepala Perum Bulog Sub Divre Manokwari Firman Mando di Manokwari, Kamis,.

Harga beras medium  Rp10.000 per kilogram, minyak goreng  (subsidi pemerintah) Rp14.000 per liter, gula pasir Rp14.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp11.000 per kilogram.

Firman menyebutkan selain pembelian langsung ke Bulog, masyarakat juga dapat membeli dari mitra Bulog yakni Rumah Pangan Kita (RPK) dengan harga yang sama.

"Pembelian bisa langsung ke Bulog atau mitra kami yakni RPK, dengan harga yang terjangkau tentu daya beli masyarakat juga akan membaik," lanjut dia.

Selain sebagai penyedia, Perum Bulog juga rutin melakukan pengawasan terhadap penjualan kebutuhan pokok, yang wajib sesuai ketentuan harga harga eceran tertinggi (HET).

"Tiga pilar yang menjadi tugas kami yakni menjaga stok, menjaga kestabilan harga, dan keterjangkauan harga untuk masyarakat," ujar Mando.

Ia juga menyebutkan stok beras untuk Kabupaten Manokwari  aman untuk empat bulan ke depan. Untuk jenis beras medium tersedia 1.400 ton dan jenis beras premium sebanyak 80 ton.

"Kalau dengan jumlah yang ada, posisi beras kita aman hingga Januari 2023, sementara untuk stok minyak goreng masih 18.000 liter," kata dia.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022