Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) kembali membuka program beasiswa Community College Initiative (CCI) bagi masyarakat Papua dan Papua Barat.

Peserta yang terpilih dalam program ini, akan memperoleh kesempatan menjalani studi nongelar secara gratis di Amerika Serikat (AS).

Dalam siaran pers yang diterima Antara, Jumat, program ini akan dipromosikan pada 15 dan 17 Desember 2018 di Manokwari Papua Barat dan Jayapura-Papua.

Serangkaian kegiatan akan digelar  AMINEF dalam promosi beasiswa tersebut, antara lain pemberian informasi seputar beasiswa CCI, diskusi diskusi panel yang melibatkan alumni CCI Program asal Manokwari dan Jayapura, dan dilanjutkan dengan workshop menulis formulir aplikasi yang dipandu oleh alumni sebagai mentor.

AMINEF akan merekrut enam peserta yang akan mengikuti program pertukaran pelajar tersebut. Pelamar beasiswa program CCI diberi waktu hingga 31 Desember 2018 untuk mengirim aplikasinya sebelum  berangkat mengikuti studi ke AS pada Juli 2019. 

Di Manokwari kegiatan akan dilaksanakan pada Sabtu (15/12), bertempat di di Swiss Belhotel. Senin 17 Desember gugatan berlanjut di Jayapura bertempat di Grand ABE Hotel. Acara terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. 

Kegiatan ini akan melibatkan alumni CCI, dimana salah satunya yaitu Robertho Monim, alumnus 2018 CCI asal Jayapura akan bergabung sebagai salah satu panelis.

Dalam siaran pers tersebut Roherto menyatakan keikutsertaannya dalam program dua semester di Amerika tersebut meningkatkan kemampuannya di tempat kerja.  Motivasinya pun terbentuk untuk lebih banyak melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti yang ia lakukan saat ini sebagai sukarelawan dalam mengajar bahasa Inggris dan topik Kewirausahaan kepada anak-anak usia 13-18 tahun.

Tahun 2019 adalah tahun yang istimewa bagi penerima program beasiswa CCI karena AMINEF telah menerima hibah khusus dari Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat. 

Enam penerima beasiswa ini akan disebut sebagai penerima beasiswa 70th Anniversary US-Indonesia Bilateral Relations. 

CCI adalah program pengembangan akademik non-gelar yang bertujuan mengembangkan kemampuan teknis peserta, meningkatkan kapabilitas kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan berbahasa Inggris. 

CCI Program juga memberikan kesempatan magang kerja dan melakukan aktifitas layanan di komunitas setempat. 

Prioritas diberikan untuk anggota masyarakat yang memiliki kesempatan terbatas untuk studi di luar negeri. Di tahun 2018, CCIP merayakan 10 tahun berjalannya program. 

Selama masa tersebut, lebih dari 350 warga negara Indonesia telah mendapatkan kesempatan meningkatkan keterampilan teknis mereka di bidang pertanian, manajemen bisnis, pendidikan usia dini, teknologi informasi, media, pengelolaan pariwisata dan perhotelan, serta keselamatan masyarakat. 

AMINEF adalah Komisi Fulbright dwibangsa yang mengelola program beasiswa fulbright dan program pertukaran belajar lainnya di Indonesia. Pada tahun 2017, AMINEF merayakan ulang tahunnya yang ke-25 sedangkan program Fulbright sendiri merayakan ulang tahunnya di Indonesia yang ke-65. 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018