Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XVII Papua Barat memperkenalkan olahraga Gateball di daerah tersebut melalui momentum hari Bhakti Pekerjaan Umum 2018.

Olahraga tersebut dipilih menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada perayaan Bhakti PU di Papua Barat tahun 2019. Lima tim dari internal pegawai BPJN bertanding pada lomba tersebut. 

"Ini untuk memeriahkan hari Bhakti PU sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat. Olahraga ini murah meriah dan bisa diikuti oleh seluruh kalangan," kata Kepala BPJN-XVII, Johanis Tulak di Manokwari, Senin.

Dia menyebutkan, di sejumlah daerah Gateball sudah cukup familier. Pada Pekan Olahraga Nasional-PON XX di Papua Tahun 2020 nanti olahraga ini akan tampil sebagai pertandingan ekshibisi.

"Di BPJN Jayapura Gadeball sudah ada sejak 3 tahun lalu. Olahraga ini asyik dan tidak memiliki banyak resiko cidera pada pemainnya," ujarnya lagi.

Di Papua Barat, lanjut Yohanis, seluruh Kantor BPJN seperti Fakfak, Sorong, Maybrat dan Manokwari kini sudah memiliki lapangan Gateball. Kedepan olahraga ini diharapkan lebih familiar bagi masyarakat.

"Olahraga ini tidak membutuhkan lahan luas seperti golf atau sepak bola. Anak-anak sampai manula pun bisa melakukan," sebutnya.

Menyambut hari Bhakti PU, BPJN Papua Barat melaksanakan serangkaian lomba serta kegiatan edukasi serta sosial lainya. Beberapa waktu lalu pihaknya melaksanakan pemeriksaan gratis penyakit tidak menular dan kuliah umum di Universitas Papua.

Untuk perlombaan, selain Gateball pihak juga mempertandingkan sepakbola gawang mini serta olahraga lainya. Ini dilaksanakan untuk mempererat kekeluargaan seluruh pegawai dan rekanan.

"Sambil bekerja kita sisihkan waktu untuk menyambut hari Bhakti PU 2018 dengan olahraga dan kegiatan lainya. Puncaknya kita laksanakan pada 3 Desember," pungkasnya.

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018