Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, membangun gerakan bebas sampah dan daerah hijau.

"Kita sedang memulai kampanye untuk mewujudkan Wondama Bebas Sampah dan Wondama Hijau. Ini untuk mendukung pengembangan pariwisata Kabupaten Teluk Wondama kedepan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Teluk Wondama Simson Samberi di Wasior, Selasa.

Jumat pekan lalu, kata Simson, kampanye itu ditandai dengan kegiatan Jumat Pagi Bersih Lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki memungut sampah di pusat kota Wasior.

Menurutnya, semua pihak harus terlibat mewujudkan Wondama yang bersih, indah dan elok dengan membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Hari itu kita buat pernyataan kita peduli sampah. Kita ingin Wondama ini tetap bersih. Tidak boleh sampah masuk ke laut, tidak buang sampah ke sungai, tidak buang sampah lagi ke mana-mana tapi kita taruh di tempat yang sudah disiapkan," sebut Simson.

Untuk mewujudkan Wondama bebas sampah dan Wondama hijau, lanjut Soni, pihaknya akan menempatkan tempat pembuangan sampah (TPS) di sejumlah titik di sepanjang utama kota Wasior hingga kompleks perkantoran Pemda di Rasiei. 

Pihaknya juga akan menanam ribuan anakan pohon di berbagai lokasi termasuk di pinggiran jalan poros, ruang terbuka milik Pemda juga di halaman fasilitas umum termasuk di kompleks perkantoran Pemda.

Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi pada kesempatan terpisah menyerukan semua pihak mendukung upaya mewujudkan Wondama Bersih dan Wondama Hijau. 

Jumat bersih, menurut bupati, harus rutin dilaksanakan serta melibatkan lebih banyak peserta dari berbagai instansi dan kalangan.

"Kalau kegiatan Jumpa Berlian ini dilaksanakan terus menerus maka kita akan bisa wujudkan Wondama Elok dari Wondama EMAS (Elok Maju Aman Sejahtera) yang kita cita-citakan itu," ujar Imburi. 

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung Wondama Hijau dan Wondama Bersih, juga dilakukan penanaman pohon di kawasan Taman Masasoya Topai Wasior.(*)

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018