Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Yuanita Irvansyah mengecek infrastruktur dan sarana pendukung pelayanan lainnya di Kampung Bahari Nusantara di Pulau Soop Kota Sorong, Papua Barat.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada III Letkol Laut (KH) R Doni Kundrat di Sorong, Jumat, mengatakan bahwa Kampung Bahari Nusantara di Pulau Soop adalah kampung binaan TNI Angkatan Laut untuk percepatan pembangunan wilayah pesisir.



Dia mengatakan bahwa dalam kunjungan Panglima Armada III mengecek fasilitas kesehatan, rumah baca bagi siswa, serta toko Primkopal Lantamal XIV.

Ia menjelaskan peninjauan tersebut guna mengetahui sejauh mana perkembangan dari Program Kampung Bahari Nasional yang berada di wilayah kerja Lantamal XIV Sorong.

"Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI Angkatan Laut. Program ini dilaksanakan di seluruh wilayah Pangkalan TNI Angkatan Laut, baik Lantamal maupun Lanal," ujarnya

Program Kampung Bahari Nusantara dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dengan lima program klaster, yaitu pertahanan, kesehatan, pendidikan, pariwisata, dan ekonomi.



Tujuan Program Kampung Bahari Nusantara untuk mempercepat roda perputaran ekonomi masyarakat serta pemberdayaan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Dengan satu harapan besar masyarakat yang berdomisili di seluruh pesisir nusantara dapat lebih maju dari sisi ekonomi, kesehatan, pendidikan, pariwisata dan pertahanan," ucapnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022