Masyarakat Kampung Arar Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat membuat masakan kepiting saus buah merah sebagai daya tarik wisata setempat.

Masakan yang diolah oleh Unit Masyarakat  Penggerak Usaha BUMDES Kampung Arar tersebut disajikan bagi wisatawan yang berkunjung ke kampung tersebut.

Seperti rombongan wisata lompat pulau SKK Migas dan Jurnalis Sorong disediakan hidangan makan siang kepiting saus buah merah saat berkunjung di Pulau Kampung Arar, Sabtu (27/11)

Triantoro dari Kelompok Sosial Peduli Masyarakat Papua yang melakukan pendampingan terhadap Kelompok Unit Masyarakat  Penggerak Usaha BUMDES Kampung Arar mengatakan bahwa masyarakat kampung Arar mengolah masakan dengan citra rasa yang berbeda seperti kepiting saus buah merah untuk daya tarik wisata.

Ditambahkan bahwa Unit Masyarakat  Penggerak Usaha BUMDES Kampung Arar dibantu oleh SKK Migas dalam hal pelatihan dan pengembangan usaha menuju kemandirian sebagai Desa Wisata Bahari Kuliner.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Papua-Maluku, Galih Agusetiawan yang memberikan keterangan terpisah mengatakan bahwa SKK Migas bersama tujuh mitra mendampingi masyarakat kampung Arar untuk memanfaatkan potensi yang menjadi nilai jual pariwisata guna peningkatan ekonomi.

Dia menyampaikan bahwa khusus mengolah makanan tradisional dengan citra rasa yang berbeda seperti kepiting saus buah merah, masyarakat kampung Arar dilatih oleh juru masak perusahaan Migas yang diminta oleh SKK Migas.

Tujuannya untuk menciptakan suasana nyaman dengan citra rasa yang unik dari kearifan lokal setempat bagi wisatawan yang berkunjung ke kampung Arar.

"Artinya jika orang berkunjung ke Sorong mau makan kepiting saus buah merah sambil menikmati keindahan alam pantai datanglah ke kampung Arar. Dengan demikian ekonomi masyarakat setempat akan meningkatkan," tambah dia.

Tidak hanya kepiting saus buah merah, berkunjung di kampung Arar wisatawan juga dapat menikmati bakso rumput laut yang disajikan dengan kelapa muda dan perkedel jantung pisang dengan citra rasa yang berbeda dan nikmat.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021