Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang dilaksanakaan Kementerian Badan Usaha Milik Negara diyakini dapat mempersatukan anak bangsa dari seluruh wilayah.

Regional CEO Bank Mandiri region XII Jayapura, I Gede Raka Arimbawa di Manokwari, Senin, mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terpisah antara satu dengan yang lain.

"Antara satu pulau dengan yang lain terpisah oleh laut, dan kita semua satukan dalam kerangka nusantara," kata dia.

Ia menyebutkan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat, budaya serta bahasa. Beraneka macam suku ada dan satu dalam satu tubuh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2018 merupakan tahun ke empat dalam kegiatan SMN yang dilakanakan Kementerian BUMN. Pada program ini, pelajar dari setiap daerah masing-masing saling bertukaran.

Pelajar dari Papua Barat diberangkatkan ke Sumatera Utara, dan sebaliknya pelajar Sumut diberangkatkan ke Papua Barat. Selama ditempat tujuan, peserta akan diperkenalkan dengan adat budaya masyarakat setempat serta potensi sumber daya alam yang dimiliki.

Melalui program ini pula, pemerintah ingin memperkenalkan potensi pariwisata di setiap daerah kepada peserta yang terdiri dari pelajar SMA, SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

"Hari ini kita telah menyambut peserta dari dari Sumatera Utara, mereka sudah tiba di Manokwari dengan selamat. Besok (Selasa 7/8) kita akan melepas peserta dari Papua Barat untuk terbang menuju Sumatera Utara," kata I Gede lagi.

Menurutnya, program ini juga bertujuan agar anak-anak bangsa kagum terhadap seluruh budaya serta adat masyarakat Indonesia, sehingga bisa mencintai segenap perbedaan yang ada di negeri ini.

"Indonesia merupakan negara besar, berbagai kekayaan kita miliki. Cari pengalaman sebanyak-banyak supaya kelak bisa jadi pemimpin di negara yang besar ini," sebutnya lagi.(*)


 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018