Wasior,(Antaranews Papua Barat)-Bupati Teluk Wondama,Bernadus Imburi menyerahkan tiga unit mobil angkutan desa di tiga distrik terpencil untuk mempermudah masyarakat mengakses transportasi.

Kesulitan transportasi yang selama ini dialami masyarakat tiga distrik yakni Nikiwar, Naikere dan Wamesa terobati melalui program ini. Dari tiga distrik ini, Nikiwar merupakan distrik terjauh.

Di Nikiwar, penyerahan dilakukan di Kampung Werabur sebagai ibu kota distrik dan diterima oleh Kepala Distrik Agustinus Ruhukail. Pada kesempatan ini bupati juga menyerahkan satu unit kendaraan roda 4 untuk operasional distrik.

Bupati berpesan agar kendaraan itu dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan seluruh  masyarakat Distrik Nikiwar.

“Mobil ini diatur dengan baik supaya dia awet. Jaga dan rawat supaya bisa tahan lama. Yang supir jangan mabuk,“ kata Imburi.

Warga setempat menyambut gembira pemberian mobil tersebut. Atas nama masyarakat, Agustinus Ruhukail menyatakan rasa senang dan bersyukur dengan adanya bantuan mobil tersebut. 

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Bupati karena telah menjawab kerinduan masyarakat, “ kata Ruhukail. 

Distrik Nikiwar tergolong distrik terpencil di Kabupaten Teluk Wondama. Pintu masuk satu-satunya menuju wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Teluk Bintuni ini adalah melaluo distrik Windesi yang berjarak sekitar 25 Km dari pusat distrik.

Letak geografis yang sulit serta ketiadaan sarana transportasi menjadi kendala utama bagi masyarakat. Hal ini ditengarai menjadi penyebab wilayah ini lambat berkembang.

Mobil transportasi desa dibeli melalui dana alokasi khusus (DAK) afirmasi pada Dinas Perhubungan tahun anggaran 2017.(*)

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018