Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Manokwari, Papua Barat, memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun dengan siaga kelistrikan 16 sampai 18 Agustus 2021.

Manajer PLN UP3 Manokwari Roberth Rumsaur di Manokwari, Senin (16/8), mengatakan bahwa PLN sedang melakukan pengamanan di Lokasi Kantor Gubernur dan Kantor Bupati tempat pelaksanaan upacara 17-san. 

Menurutnya, siaga pengamanan kelistrikan ini sesuai pedoman peringatan ulang tahun RI ke 76,  bahwa upacara hanya dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta disaksikan oleh masyarakat dari rumah

"Mengingat di masa pandemi COVID-19 ini upacara proklamasi kemerdekaan RI ke 76 dilakukan terbatas hanya oleh Pemerintah. Masyarakat hanya mengikuti dari rumah sehingga PLN akan siaga kelistrikan di wilayah perkantoran selama tiga hari," ujarnya.

Ia menerangkan, untuk mendukung kegiatan ini PLN menyiapkan 81 personel yang tersebar di seluruh unit Layanan dibawa wilayah kerja PLN UP3 Manokwari. 

Dikatakan bahwa bahwa PLN telah memperkirakan beban listrik pada 17 Agustus 2021 mencapai 23 Megawatt (MW) pada pukul 10.00 WIT saat Upacara Peringatan detik- detik Proklamasi dan pukul 17.00 WIT saat Upacara Penurunan Bendera beban listrik sebesar 25 MW, beban listrik tersebut masih lebih rendah dari beban listrik rata-rata sebesar 27-28 MW.

"Perkiraan beban puncak tersebut masih di bawah daya mampu pembangkit di Manokwari yang berada pada angka 45 MW," katanya

Siaga kelistrikan ini, lanjut dia, PLN telah melakukan sejumlah langkah, seperti pengecekan kesiapan peralatan listrik dan pemeliharaan pada lokasi-lokasi yang menjadi pantauan, serta menyusun Standard Operational Procedure pasokan tenaga listrik khusus Siaga Hut RI.

"Selain kesiapan peralatan dan sarana, seluruh petugas PLN UP3 Manokwari yang disiagakan tetap mengutamakan keselamatan dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19," tambah dia. 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021