Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Papua Barat, menyebutkan bahwa jumlah pasien COVID-19 bergejala yang dirawat mencapai 157 pasien di sejumlah rumah sakit di daerah itu.

"Ratusan pasien COVID-19 bergejala tersebut dirawat di lima rumah sakit yakni rumah sakit Sele be Solu 25 pasien, Pertamina 20 pasien, TNI Angkatan Laut 38 pasien, rumah sakit darurat COVID-19 44 pasien, dan Maleo 7 pasien, dan rumah sakit JP Wanane sebanyak 23 pasien," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Kamis (29/7).

Menurut dia, masih terdapat penambahan pasien COVID-19 di Kota Sorong. Dari hasil pemeriksaan laboratorium terhadap 30 spesimen dalam pekan ini, ke-30 spesimen tersebut positif sehingga total kasus COVID-19 di Kota Sorong mencapai 4.951 kasus.

Total pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 4.339 orang.Total warga kota Sorong yang meninggal dunia akibat COVID-19 telah mencapai 83 orang.

"Masih ada 1.177 spesimen yang dalam pemeriksaan laboratorium dan masih menunggu hasilnya," ujarnya.

Ruddy mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Dikatakannya bahwa Kota Sorong sedang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) penyesuaian, karena itu dia berharap agar masyarakat yang tidak mempunyai kepentingan penting untuk keluar rumah mohon tinggal di rumah saja untuk menekan angka penyebaran virus yang tinggi.

Hilangkan pandangan bahwa virus corona sudah tidak ada sebab hasil pemeriksaan laboratorium masih ada masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 serta meninggal dunia menunjukkan virus masih ada.

"Mari kita terapkan protokol kesehatan yakni rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan demi melindungi diri dan keluarga dari penyebaran COVID-19," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021