Pemerintah kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat menetapkan lima sektor menjadi program pokok sebagai arah kebijakan pembangunan daerah pada tahun 2022.

 Pariwisata dan perikanan masih menjadi sektor tumpuan untuk membangkitkan perekonomian daerah berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua ini.

Sekretaris Bappeda kabupaten Teluk Wondama, Edi Numanderi di Wasior, Jumat, mengatakan bahwa kelima sektor program pokok tersebut adalah pertama pemerataan pembangunan ekonomi melalui pembangunan pariwisata dan perikanan.

Kedua yakni pemerataan pendapatan dan ketahanan pangan, ketiga penguatan kapasitas kesehatan, keempat peningkatan kualitas pendidikan, dan kelima pengurangan ketimpangan wilayah. 

Menurutnya, kelima sektor strategis tersebut sektor pariwisata dan perikanan tetap menjadi sektor unggulan dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah.

Dengan arah kebijakan seperti itu, kata dia, ditargetkan terjadi peningkatan kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan daerah dari 0,80 persen pada tahun 2020 menjadi 2,00 persen pada tahun 2022.

"Kontribusi sektor perikanan juga ditargetkan naik dari 49,94 persen menjadi 53,43 persen pada tahun depan," ujarnya.

Sementara di sektor pendidikan, rata-rata lama sekolah ditarget naik dari 6,98 tahun menjadi 7,10 tahun. Juga di bidang kesehatan, ditargetkan angka harapan hidup meningkat dari 60,10 tahun pada 2020 menjadi 61,50 tahun di tahun depan. 

“Tetapi kita juga menghadapi tantangan pembangunan di tahun 2022 yaitu pandemic COVID-19 yang masih ada. Ini berdampak pada pemotongan anggaran untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Juga kemiskinan kita yang masih tinggi dan pendapatan perkapita kita yang masih rendah yaitu 958,14,” katanya.

Pewarta: Zack Tonu

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021