Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Manokwari, provinsi Papua Barat menyelenggarakan pelatihan pertolongan di permukaan air bagi potensi SAR di Kabupaten Teluk Wondama. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, Monce Brury di Wasior, Selasa, mengatakan bahwa pelatihan tersebut berlangsung selama empat hari ke depan yang peserta terdiri dari masyarakat umum, perwakilan dari Polres Teluk Wondama, BPBD, dan juga TNI.

Dia menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan  mempersiapkan masyarakat menjadi mitra terdepan dalam operasi pencarian dan pertolongan khususnya ketika terjadi musibah ataupun bencana di perairan.

Ia menyampaikan, pertolongan di permukaan air menjadi materi utama pelatihan karena kabupaten Teluk Wondama merupakan kabupaten bahari di mana sebagian besar pemukiman penduduk berada di pesisir. 

Pelatihan potensi tahap satu ini, kata dia, sasaran utama adalah para nelayan juga masyarakat yang sehari-harinya berkegiatan di laut seperti motoris perahu bermesin yang melayani penyeberangan antar Kampung dan Distrik.

Selain itu, para pengelola kapal penyeberangan rakyat antara kabupaten yang selama ini beroperasi melayani masyarakat di kabupaten Teluk Wondama.

Ia berharap dengan materi ini mereka dibekali sehingga jika terjadi kecelakaan di laut sudah tahu apa yang harus diperbuat untuk menyelamatkan diri dan juga orang lain.

Para peserta dipersiapkan menjadi potensi yang bisa dilibatkan dalam operasi SAR. Terlebih khusus kantor unit SAR Wasior sebab hanya memiliki 6 personil.

Para peserta diharapkan nantinya bisa menjadi tenaga terlatih yang bisa menopang operasi SAR di wilayah Teluk Wondama karena kantor unit setempat kekurangan personil," tambah dia.

Pewarta: Zack Tonu

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021