Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Papua Barat menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) melaksanakan tes urine bagi seluruh sopir angkutan umum di Manokwari pada Sabtu (9/6)

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Indra Darmawan di Manokwari, Sabtu, mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya Polri dalam mengantisipasi kecelakaan selama masa mudik lebaran.

"Sopir memegang peranan penting, kita mencegah atau mengurangi faktor human eror sehingga aktifitas mudik maupun lalu lintas jalan raya secara umum di Manokwari dan sekitarnya berlangsung kondusif," kata dia.

Kegiatan ini dilaksanakan di Terminal Wosi Manokwari. Seluruh sopir angkutan umum baik yang melayani perjalanan antar kabupaten maupun di dalam kota menjalani tes urine.

Ia menyebutkan, pada Operasi Patuh Mansinam beberapa waktu lalu, angka kecelakaan di Manokwari sekitarnya tidak terlalu we signifikan. Bahkan kecelakaan yang melibatkan angkutan umum tidak ada sama sekali.

Indra berharap, pada masa Operasi Ketupat Mansinam ini catatan kecelakaan di daerah tersebut semakin baik.

"Dari kasus yang selama ini kami tangani, cukup banyak kecelakaan terjadi akibat pengaruh minuman beralkohol. Kami berharap jangan sampai itu terjadi pada angkutan umum,"ujarnya lagi.

Indra mengutarakan, kegiatan serupa akan dilakukan di daerah lain. Ia juga berharap, Satlantas di seluruh jajaran Polres melaksanakan kegiatan ini.

"Lebaran ini masanya bersuka cita dengan keluarga. Setidaknya kita berusaha mengurangi kemungkinan agar musibah kecelakaan tidak terjadi sama kita,"sebutnya lagi.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018