Pengadilan Negeri Kelas IB Manokwari, Provinsi Papua Barat, mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih melayani atau  WBK dan WBBM.

Ketua Pengadilan Negeri Kelas IB Manokwari, Sonny A.B Loemoery di Manokwari, Rabu,  mengatakan bahwa membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM adalah kerja berat sehingga dibutuhkan komitmen antara pimpinan dan bawahan dalam satu pola pikir dan budaya kerja yang sama untuk mencapai zona integritas  tersebut.

Dia mengatakan bahwa ada dua sasaran zona integritas yang harus tercapai dan terwujud oleh Pengadilan Negeri Manokwari yakni bersih dan bebas dari KKN. Selain itu, terwujud peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurut dia, pencanangan zona integritas tersebut adalah bagian dari kesungguhan Pengadilan Negeri Manokwari dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen bersih, dan menjadi salah satu formula yang tepat untuk mewujudkan visi sebagai badan peradilan yang agung sesuai visi-misi Mahkamah Agung.

"Kami komitmen untuk lakukan perbaikan secara nyata di masa mendatang sebagai sebuah landasan yang kokoh untuk mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai harapan masyarakat," ujarnya.

Dia mengakui, pembangunan zona integritas difokuskan pada penerapan program manajemen perubahan, penataan tatalaksana, manajemen SDM, penguatan pengawasan, akuntabilitas kerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat konkrit.

"Saya berharap semua unsur Pengadilan Negeri Manokwari sama-sama bekerja menjaga komitmen dalam membangun zona integritas ini dengan cerdas, ikhlas dan menjauhi perilaku yang tidak terpuji," tambah dia.

Pelaksanaan Tugas Bupati Manokwari, Edi Budoyo yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi yang pimpinan dan jajaran mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM. 

"Ini menjadi upaya penting kita bersama karena mencerminkan tekad dan komitmen untuk menjadikan Pengadilan Negeri Manokwari sebagai zona yang berintegritas. 

Dia berharap adanya kerjasama yang baik antara penegak hukum di Manokwari guna mengawal pelaksanaan pembangunan agar dapat berjalan dengan aman sesuai aturan dan ketentuan serta memenuhi kebutuhan sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021