Sorong,  (Antaranews Papua Barat) - Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Papua Barat di Sorong oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Papua Barat telah tuntas.

Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat Elroy Koyari di Sorong, Rabu (7/3) mengatakan, pembangunan SPAM Regional Papua Barat di Sungai Warsamson untuk memenuhi kebutuhan air bersih Kota dan Kabupaten Sorong telah selesai dan sudah dilakukan uji coba.

Dia mengatakan, pembangunan SPAM regional tersebut menggunakan APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat senilai Rp83 miliar yang dilakukan secara bertahap sejak tahun 2014.

Menurut dia, SPAM Regional di Sungai Warsamson Sorong yang menggunakan mesin pompa air asal India tersebut merupakan Sistem pengelolaan air tercanggih di seluruh Papua.
 
Ujung pipa SPAM Regional Warsamson (Foto Antara Papua Barat/Ernea)

SPAM Regional Papua Barat ini, kata dia, dapat menyuplai air sebanyak 210 liter per detik dengan asumsi dapat memenuhi kebutuhan 17.000 sambungan rumah masyarakat kota dan kabupaten Sorong.

Tugas Balai Wilayah Sungai Papua Barat membangun SPAM Regional Sorong dari sumber air sampai pada tempat penampungan dengan jarak pipa sepanjang tujuh kilo 300 meter.

Selanjutnya Ditjen Cipta Karya akan membangun instalasi pengolahan air (IPA) pada ujung pipa SPAM Regional agar air dapat diolah hingga bersih layak dikonsumsi kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga kota dan kabupaten Sorong.

"Kami berharap masyarakat setempat dapat menjaga Sungai Warsamson dengan tidak melakukan penebangan pohon di kawasan sungai agar debit air tidak berkurang, " ungkapnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018