Waisai, (Antaranews Papua Barat) - Pemandu wisata Distrik Misool yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat membersihkan sampah di kawasan-kawasan destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan.

"Aksi bersih-bersih sampah tersebut guna menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2018," kata pemandu wisata senior Distrik Misool, Nawawi, Rabu.

Dia mengatakan, Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2018 bertepatan dengan Hari Pemandu Wisata sedunia sehingga pemandu di Distrik Misool berkumpul dan melakukan pembersihan beberapa kawasan destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.
 
Aksi pembersihan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian pemandu wisata Misool terhadap kebersihan lingkungan terutama kawasan destinasi yang setiap hari didatangi wisatawan.

"Kegiatan ini sekaligus untuk menjalankan imbauan dan ajakan pengurus HPI Raja Ampat yakni membersihkan sampah di kawasan destinasi dalam rangka menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional," ujarnya.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat Ranny Iriani Tumundo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pemandu di Distrik Misool dalam rangka menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional.

Ranny mengajak masyarakat Raja Ampat agar tidak membuang sampah ke laut terutama sampah plastik karena dapat merusak ekosistem bawah laut.

"Kesadaran untuk tidak membuang sampah ke laut yang kita lakukan hari ini, semua itu untuk menjaga kelestarian alam guna kehidupan generasi di masa yang akan datang," kata dia. (*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018