Wasior, (Antaranews Papua Barat) -Para pelajar dari Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kini berkesempatan melanjutkan pendidikan di Eropa.

"Pemerintah daerah akan menanggung seluruh biaya pendidikan selama kuliah di Jerman," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar di Wasior, Rabu.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah telah membangun kerjasama dengan IGC, sebuah lembaga kerjasama antara Indonesia-Jerman yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pada tahap awal, pemerintah akan memberangkat delapan pelajar SMA asal Teluk Wondama yang saat ini tengah mengikuti pendidikan di Magelang. Mereka menjadi rombongan pertama yang akan berangkat ke Jerman.

Simbar mengutarakan, Pemda Wondama telah melakukan pertemuan dengan perwakilan IGC di ruang rapat Bappeda Teluk Wondama pada Selasa (16/1). Nota kesepahaman kerjasama ini akan segera ditandatangani.

"Pada rinsipnya kerjasama ini sangat baik untuk investasi jangka panjang dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) anak-anak di Teluk Wondama ini," kata Sekda.

Perwakilan IGC Anita Matulesy pada wawancara terpisah menyatakan, pihaknya sudah menerima permohonan atas delapan pelajar yang akan diberangkatkan. Delapan orang yang kini masih di Magelang itu akan melanjutkan pendidikan perkuliahan ke Jerman.

"Mereka sudah mendaftar dan siap diberangkatkan pada bulan September 2018," kata Anita. [*]

Pewarta: Zack Tonu Bala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018