Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menekankan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) segera melirik potensi sumber daya alam (SDA) untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

"Banyak sektor yang bisa kita garap sendiri dengan mengoptimalkan peran BUMD. Ada sektor migas, pertanian, perikanan, pariwisata dan perkebunan. Itu semua punya potensi besar untuk kita kembangkan," kata Dominggus di Manokwari, Jumat.

Belum lama ini, sebut gubernur, telah dilakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Papua Doberai Mandiri (Padoma). Dalam pertemuan tersebut diketahui bahwa BUMD Provinsi Papua Barat tersebut sudah mengalami cukup banyak perkembangan.

Gubernur menginginkan, PT Padoma terus meningkatkan perannya dalam mendorong pemanfaatan potensi SDA. Kekayaan alam Papua Barat dinilai menyimpan potensi besar untuk meningkatkan PAD.

"PT Padoma bisa membentuk anak perusahaan untuk mengelola potensi SDA kita sesuai sektor-sektor yang ada. Kita harus mulai, kesempatan ini terbuka lebar," sebut Dominggus lagi.

Pemerintah daerah sebagai pemegang saham tertinggi pada PT Padoma, katanya, siap mendukung dengan mengoptimalkan peran organisasi perangkat daerah (OPD).

Ia menjelaskan, Papua Barat sudah ditetapkan sebagai provinsi konservasi. Dalam skema tersebut pemerintah telah menyiapkan konsep pembangunan berkelanjutan

"Ini bukan berarti kita menutup peluang investasi. Investasi harus juga jalan namun semua harus dilaksanakan dengan prinsip keberlanjutan," ujarnya.

Gubernur berharap, BUMD memiliki andil besar dalam kegiatan investasi di daerah tersebut. Ia juga menekankan agar, masyarakat dilibatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019