Universitas Pattimura (Unpatti) dan Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan kerja sama dalam rangka penerapan standar perguruan tinggi berkelas dunia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku.

"Melihat keberhasilan UNP dalam menjadi salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional di Indonesia jadi inspirasi bagi Unpatti untuk melakukan kerja sama dan saya berharap kerja sama yang terbangun antara UNP dan Unpatti dapat membawa Unpatti juga menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan berkelas dunia," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Jumat.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua perguruan tinggi itu dilakukan di Universitas Negeri Padang.

Menurut Rektor Unpatti, kerja sama tersebut berfokus pada tiga hal yakni pengelolaan aset untuk pendapatan non-PNBP mengingat Unpatti merupakan Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (BLU), tata kelola akademik, serta integrasi sistem digitalisasi.

"Universitas Pattimura dan berharap kerja sama ini dapat diimplementasikan untuk mencapai target dan untuk pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di Maluku," ujarnya.

Sementara itu Rektor UNP Dr Krismadinata mengatakan keberadaan UNP sebagai salah satu perguruan tinggi berbadan hukum telah menjadikan berbagai program yang dilakukan UNP  menuju kampus unggul.

"Akreditasi Internasional yang sudah diperoleh oleh program-program studi di UNP saat ini diharapkan dapat membuka ruang pertukaran mahasiswa dengan Unpatti agar para lulusan dapat terserap di pasar kerja baik nasional maupun dunia," ucapnya.

Oleh sebab itu, kata dia, UNP akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak demi kemajuan kampus dan daerah.

"Jika kami berjalan sendiri mungkin lebih cepat, tetapi jika kita kami berjalan bersama-sama saya yakin kita akan berjalan lebih jauh,“ ujarnya.
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024