Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Kota Jayapura, Papua Matius Pawara menyatakan pemanfaatan potensi kawasan perbatasan di Distrik Muara Tami bertujuan untuk memajukan ekonomi lokal.

"Untuk itu perlu koordinasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya memajukan kawasan perbatasan khususnya pada enam kampung di Distrik Muara Tami," katanya di Jayapura, Kamis.

Menurut Pawara, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi penataan dan pemanfaatan potensi kawasan perbatasan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah (Pemkot) Jayapura guna mengidentifikasi berbagai potensi di daerah itu.

"Baik itu dalam bidang pariwisata, pertanian, perikanan maupun sumber daya lainnya sehingga diketahui kemudian dapat dikembangkan secara bersama-sama," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu juga rapat koordinasi tersebut bertujuan menyatukan rencana penataan kawasan yang berkelanjutan di mana rencana itu mencakup pengembangan infrastruktur, peningkatan kualitas lahan pertanian dan optimalisasi budidaya perikanan serta pengembangan pariwisata.

"Dengan perencanaan yang baik maka dapat dipastikan pemanfaatan sumber daya yang ada dilakukan secara efisien dan bertanggung jawab," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan koordinasi antara pemangku dalam pemanfaatan kawasan perbatasan dan mengintegrasikan program kebijakan dapat berjalan selaras.

"Kami berharap dalam pengembangan kawasan perbatasan kedepannya dilakukan dengan baik guna mewujudkan kawasan perbatasan yang lebih maju sehingga masyarakat setempat bisa sejahtera," ujarnya.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024