Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong menargetkan pencapaian pendapatan asli daerah (PAD) 2024 senilai Rp185,1 miliar dengan optimalisasi kerja dari 26 organisasi perangkat daerah (OPD) dalam melakukan pemungutan terhadap potensi pendapatan di wilayah itu.
 
Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Sorong, Demiyanus Nakoh di Sorong, Senin, menjelaskan bahwa pencapaian target itu hingga Juni 2024 baru mencapai Rp29,1 miliar atau 15,76 persen.
 
"Ini masih jauh dari target, kita masih kekurangan Rp155,9 miliar," ucap dia.
 
Ia meminta ke 26 OPD ini mencari dan mengoptimalkan pemungutan supaya mendukung target yang telah ditetapkan, supaya hingga akhir tahun sekurang-kurangnya setengah atau bahkan lebih dari target itu bisa tercapai.
 
Ini merupakan tugas dari setiap OPD sebagai pengelola pendapatan bagaimana mengejar target itu agar bisa tercapai. Sebab, kurang lima bulan lagi target itu sudah harus dicapai secara baik.
 
"Ini kurang dari lima bulan lagi, bagaimana kita berupaya dengan berbagai cara supaya target ini bisa kita capai," kata dia.
 
Sebelumnya Pemerintah Kota Sorong melakukan rapat koordinasi dengan seluruh OPD pada 24 Juli 2024 yang dipimpin Sekda Kota Sorong Yakob Kareth guna membahas target PAD sekaligus menyusun strategi untuk mengoptimalkan pendapatan guna mencapai target yang telah ditetapkan.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024